YUNI WIDAYANTI PRIBADI

Berpacu menjadi yang terbaik

Jawaban Soal UAS Nomor 3.

02 July 2012 - dalam Komputasi Biomedis Oleh yuni-w-p-fst09

 

Dosen: Dr. Ir.H. Anas Soegianto Soelistiono M.Si

 

Bismillahirrahmaanirrahiim,

"Atas Nama Sang Pemilik Ilmu, saya jujur mengerjakan soal UAS ini"

 

Soal nomor 3.

a. Jelaskan bagaimana proses voice recognition suara manusia !

b. Apa yang sudah dilakukan orang untuk itu ?

c. Aplikasi apa dari voice recognition pada bidang medis ?

 

Jawaban :

Voice recognition dibagi menjadi dua jenis, yaitu speech recognition dan speaker recognition. Speech recognition  adalah proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan. Parameter yang dibandingkan ialah tingkat penekanan suara yang kemudian dicocokkan dengan database yang ada. Sedangkan speaker recognition adalah sistem pengenalan suara berdasarkan orang yang berbicara.

 

a. Proses voice recognize

Ada beberapa proses dari proses voice recognize, yaitu :

  1. Penerimaan data input (suara)
  2. Menyimpan data input dan membuat database
  3. Mencocokkan database dengan data input baru
  4. Proses kalkulasi dengan mengunakan Fourier Transform yaitu untuk mengubah gelombang input yang kontinu menjadi gelombang diskrit
  5. Kemudian, dari data setiap elemen pada gelombang diskrit dikonversi ke dalam bilangan biner, lalu dibandingkan dengan database suara
  6. Jika suara sesuai dengan database, maka proses dilanjutkan sesuai dengan aplikasi yang mengimplementasikan proses ini.

Secara singkat juga dapat dilakukan seperti ini yaitu dengan cara mengubah kurva dengan mengubah kurva gelombang yang ada dari domain waktu ke domain frekuensi dengan menggunakan transformasi fourier. Kemudian dilakukan cut off pada range frekuensi 2-5 KHz (ini merupakan frekuensi rata-rata suara manusia). Namun, frekuensi ini bisa saja mengalami perbedaan karena adanya perbedaan pula pada setiap suara manusia yang dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya saja perbedaan volume suara setiap orang, dialek yang digunakan, dan lain sebagainya.

 

b. Yang sudah dilakukan orang tentang voice recognize

Irfan Rahman dan kawan-kawan di PENS ITS Surabaya telah membuat aplikasi ini, yaitu mengenai speech recognition yang merupakan suatu proses pengenalan secara otomatis pada apa yang diucapkan oleh seorang pembicara. Dengan teknik ini akan memungkinkan bagi manusia untuk berkomunikasi dengan sebuah komputer untuk memberikan perintah, dan beragam bentuk aksi yang harus dijalankan oleh komputer. Salah satu aplikasi teknik speech recognition yang telah dibangun adalah proses dial nomor telephone yang secara otomatis menggunakan sinyal wicara. Rancang bangun system yang telah dibuat menunjukkan akurasi yang cukup tinggi, dimana tingkat keberhasilan dalam mengenali kata sudah mencapai > 80%.

 

Selain itu, pengembangan voice recognition ini juga telah dikembangkan oleh Ubudiyah di UNIKOM Bandung, yaitu aplikasi perintah suara dengan metode fast fourier transform pada simulasi rumah pintar. Mengontrol peralatan elektronik seperti yang ada dirumah ternyata dapat dilakukan dengan hanya menggunakan perintah suara, dan dapat diimplementasikan dengan teknik speech recognition pada konsep rumah pintar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencocokan pola suara menggunakan algoritma Fast Fourier Transform dan Divide and Conquer. Metode ini membantu saat pengolahan dan pencocokan pola suara agar lebih cepat dan mengurangi kompleksitas waktu. Hasil pengujian menunjukkan pengenalan kata dengan rata-rata keakuratan perorang adalah 48,75% dan rata-rata keakuratan perkata adalah 48%.

 

c. Voice recognize dalam bidang kesehatan

Salah satu teknologi dalam bidang kesehatan yangg cukup terkenal di Amerika adalah Medical Transcriptionosit (MT) yang merupakan aplikasi dengan menggunakan Speech Recognizer. Selain itu, juga ada alat pengenal ucapan yang banyak digunakan dalam bidang kesehatan untuk membantu para penyandang cacat dalam beraktivitas, contohnya adalah Voice User Interface (VUI).

 1. Medical Transcription (MT)

MT ini adalah alat yang mengkonversi rekaman suara laporan dari dokter mengenai kesehatan pasiennya ke dalam format teks. Jadi, misalkan seorang pasien berobat pada seorang dokter namun tidak sedang berada di rumah sakit, maka seorang dokter dapat merekam hasil pemeriksaan pasien tersebut kemudian hasil rekaman dikirimkan ke rumah sakit yang bersangkutan. Kemudian dengan Medical Transcription (MT), rekaman tadi dibah ke format teks untuk disimpan sebagai arsip dari pasien tersebut. Sehingga, dokter tetap dapat mengontrol perkembangan pasien tersebut. Jika pasien tersebut berobat kembali, maka dokter hanya perlu memanggil data rekam medis pasien yang telah disimpan tadi.

 

2. Voice User Interface (VUI )

VUI ini adalah alat yang membantu orang-orang yang memiliki kesulitan dalam menggunakan tangan, sehingga diciptakan komputer yang dapat dioperasikan dengan menggunakan deteksi pengucapan user. VUI diimplementasikan pada speech recognition yang dapat mengubah kata ucapan menjadi informasi yang dapat dibaca oleh mesin sebagai masukan.

 

 

 

Referensi :

http://kuliah319.blogspot.com/2011/02/speech-recognition-dengan-algoritma-fft.html

http://nti0402.wordpress.com/2011/11/27/191/

http://schaerdz.blogspot.com/2010/01/voice-based-user-interface.html



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

^^My-Facebook

Time

Calendar

    Cuteki ecards

SHARE

Pengunjung

    34.209