YUNI WIDAYANTI PRIBADI

Berpacu menjadi yang terbaik

Transformasi Fourier

20 June 2012 - dalam Komputasi Biomedis Oleh yuni-w-p-fst09

-          Overview Mata Kulia Komputasi Biomedis tanggal 18 Juni 2012 –

 

Salah satu aplikasi dari transformasi fourier adalah pada pemisahan perpaduan gelombang. Suatu gelombang yang bergerak pada suatu medium bukan hanya gelombang yang berupa gelombang tunggal namun merupakan perpaduan dari banyak gelombang. Dengan menggunakan deret fourier maka perpaduan dari banyak panjang gelombang ini dapat dipisahkan kembali menjadi gelombang-gelombang penyusunnya. Perhatikan ilustrasi di bawah ini :

 

Gambar1. Transformasi Fourier

Pada Gambar1 diatas terdapat dua buah gelombang dari fungsi waktu dengan amplitudo A1 dan A2. Jika kedua gelombang tersebut dijunlahkan maka akan terbentuk gelombang yang baru seperti pada gambar1 tersebut. Gelombang hasil penjumlahan dari beberapa gelombang ini lah yang biasanya ada di kehidupan. Untuk mengetahui fungsi apa saja yang menyusun gelombnag tersebut, maka dilakukan Transformasi Fourier, yaitu dengan mengubah gelombang dengan fungsi waktu tersebut menjadi gelombang dengan fungsi frekuensi. Dari hasil transformasi tersebut akan diketahui frekuensi dan amplitudo gelombang-gelombang penyusunnya.

Transformasi Fourier ini juga dapat digunakan untuk proses filtering, yaitu untuk menghilangkan sinyal gangguan (atau yang disebut dengan noise). Misalnya, untuk mengambil suara manusia dari sebuah lagu. Pada awalnya yaitu dengan mengubah kurva gelombang yang ada dari domain waktu ke domain frekuensi dengan menggunakan transformasi fourier. Kemudian dilakukan cut off pada range frekuensi 2-5 KHz (ini merupakan frekuensi rata-rata suara manusia). Namun, frekuensi ini bisa saja mengalami perbedaan karena adanya perbedaan pula pada setiap suara manusia yang dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya saja perbedaan volume suara setiap orang, dialek yang digunakan, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit ulasan dari saya mengenai transformasi fourier. Mohon maaf jika terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat.

 

Terima Kasih..

 

Referensi :

Ismail, Zuhdi. 2010. Aplikasi Deret Fourier dan Transformasi Fourier. http://zuhdiismail.blog.uns.ac.id/2010/10/17/aplikasi-deret-fourier-dan-transformasi-fourier/

 



Read More | Respon : 1 komentar

1 Komentar

cheap seo services

pada : 02 September 2012


"chFgY7 Great, thanks for sharing this article. Want more."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

^^My-Facebook

Time

Calendar

    Cuteki ecards

SHARE

Pengunjung

    34.592