YUNI WIDAYANTI PRIBADI

Berpacu menjadi yang terbaik

ANALISIS GRAFIS

03 June 2012 - dalam Komputasi Biomedis Oleh yuni-w-p-fst09


-          Overview Mata Kuliah Komputasi Biomedis tanggal 30 Mei 2012 –

 

Grafis bisa disebut juga dengan image atau citra. Citra merupakan gambar 2 dimensi, yaitu variabel x dan y. Kemudian berkembang bisa menjadi 3 dimensi. Bidang koordinat yang digunakan dalam matematika berbeda dengan bidang koordinat yang digunakan dalam bahasa pemrograman pada komputer ditunjukkan oleh gambar 1 dan 2 dibawah ini, yaitu :

 

 

Gambar1. Bidang Koordinat dalam Matematika

 

 

Gambar2. Bidang Koordinat dalam bahasa pemrograman komputer

Selain itu, satuan yang digunakan juga berbeda. Pada matematika sering kali menggunakan satuan untuk bidang koordinat tersebut dengan satuan centimeter, meter, dan lainnya. Namun, pada komputer menggunakan satuan pixel (yaitu titik satuan dalam komputer). Kemudian muncul pertanyaan yaitu berapa centimeter kah 1 / beberapa pixel itu?. Dari sini, maka muncul suatu istilah yaitu dpi (dot per inchi) yang berarti bahwa “dot” adalah pixel, “per inchi” berarti bahwa dalam 1 inchi ada berapa titik/pixel.

Semua warna dunia bisa dibagi ke dalam tiga warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru, yang lebih dikenal dengan sebutan RGB (Red, Green, and Blue). Warna apa pun yang ada merupakan hasil pencampuran dari ketiga warna tersebut. Pada gambar1. dibawah ini terdapat beberapa warna dengan komposisi RGB nya.

 

Gambar3. Komposisi RGB

 

      Ada yang menyebutkan bahwa masing-masing RGB memiliki skala mulai dari 0 sampai 255. Dari skala ini, maka bisa terbentuk sekitar 16 juta warna.

Tipe data yang biasa digunakan adalah row data, tapi di dalam dunia komputer tipe data ini tidak disukai karena memerlukan memori yang besar sehingga muncullah sebuah proses untuk melakukan codec (yaitu penyederhanaan data dengan cara membuang data yang tidak diperlukan), misalnya data dengan format BMP, JPG, PNG, GIF, dan lain sebagainya.

 

 

Demikian sedikit ulasan yang dapat saya berikan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan saya. Terima Kasih.

 

 

 

Referensi :

http://www.sketchpad.net/basics4.htm

Henrik. 2008. Example : RGB color mixing. http://www.texample.net/tikz/examples/rgb-color-mixing/ diakses pada tanggal 2 Juni 2012. Pukul 17.25.

Lizard, Wijanarko. 2010. Teori Warna. http://www.ahlidesain.com/teori-warna.html diakses pada tanggal 2 Juni 2012. Pukul 17.30.



Read More | Respon : 2 komentar

2 Komentar

Eka S Darmawan

pada : 04 June 2012


"memang benar RGB memiliki skala..namun yang akan saya tanyakan..bisa dijelakan berapa skala dari masing2 warna tersebut..??

karena dari satu warna misalnya hijau..bukankah hijau memiliki banyak warna?contohnya hijau daun,hijau matang..lalu bagaimana cara kita bisa mendapatkan warna,misalnya turquoise..R =?, G=? lalu B=?"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 09 June 2012


"Terima Kasih atas pertanyaan Eka..

Yang saya ketahui skala untuk masing-masing warna RGB itu adalah mulai dari 0 hingga 255..

Kemudian mengenai bagaimana mendapatkan perbandingan RGB dari suatu warna, anda bisa melihatnya di custom color, contohnya di :

http://web.unair.ac.id/admin/file/f_12659_RGB_DAN_HSL.jpg

"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

^^My-Facebook

Time

Calendar

    Cuteki ecards

SHARE

Pengunjung

    34.202