YUNI WIDAYANTI PRIBADI

Berpacu menjadi yang terbaik

Overview Tentang Sistem Cerdas

15 March 2012 - dalam Sistem Cerdas Oleh yuni-w-p-fst09

 

- Kuliah Pertama Sistem Cerdas 14 Maret 2012 -

 

Apa itu Sistem Cerdas ?

Berbeda dengan mata kuliah pemrograman komputer ataupun komputasi biomedis yang masih menggunakan pemikiran konvensional, dalam sistem cerdas ini tidak diperlukan pemikiran konvensional tersebut. Sebenarnya, sistem cerdas ini mempelajari bagaimana gejala alam, bahkan cara kerja otak manusia yang dianggap oleh sebagian orang sebagai hal yang mustahil untuk diimplementasikan secara ilmiah dapat dibuat dengan persamaan matematis. Karena pada dasarnya, semua hal dimuka bumi ini dapat dijelaskan secara ilmiah.

Dengan adanya sistem cerdas ini, maka sebuah kecerdasan seperti manusia dapat dimasukkan ke dalam mesin. Diharapkan nantinya mesin ini, dapat berpikir dan bertindak seperti manusia, dapat berpikir dan bertindak secara rasional. Misalnya, robot yang hanya kaku, sekarang dengan sistem cerdas dapat dibuat robot dengan perasaan seperti halnya pada manusia. Bahkan, dimungkinkan pada tahun 2015 nantinya manusia akan menikah dengan robot. Wow..sesuatu yang sangat menakjubkan. Berikut ini terdapat salah satu video perkembangan robot saat ini, dimana robot tersebut  sudah hampir menyamai manusia.

 

 

Non Linear Programming seperti  Artificial Intelligence (membahas tentang bagaimana mesin dapat berpikir dan bertindak seperti manusia) yang meliputi Logika Fuzzy (logika samar)  dan Artificial Neural Networks (membahas mengenai bagaimana cara kerja sel syaraf otak) akan dipelajari juga disini. Logika samar disini dimaksudkan bahwasebuah nilai tidak hanya bernilai salah atau benar seperti yang kita ketahui dalam logika Boolean, namun dalan Logika Fuzzy ini terdapat nilai yang samar, dimana logika tersebut bekerja dengan menggunakan perasaan. Misalnya, robot dengan logika fuzzy digunakan untuk menyetir mobil dan kita manusia sebagai penumpangnya, disaat secara tiba-tiba ada orang menyebrang, maka kita kan berteriak “Awas!!” dan robot akan menerjemahkan teriakan kita tersebut dengan logika perasaannya, maka robot akan langsung mengerti apa yang harus dilakukannya.

 

Kenapa harus ada Sistem cerdas ?

Dengan adanya sistem cerdas akan membuat mesin dapat berperilaku, berpikir seperti layaknya manusia. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi manusia, baik dalam hal mempermudah pekerjaan manusia, maupun mempermudah dalam berkomunikasi dengan mesin tersebut.

 

Implementasi Sistem Cerdas

Implementasi dari sistem cerdas ini dapat ditemui pada aplikasi game seperti

DOTA, dimana tokoh lawan main dapat mengetahui keberadaan kita, mengetahui senjata apa yang harus digunakan untuk menyerang kita. Oleh karena itu, dalam aplikasi ini diperlukan suatu sistem cerdas untuk menjalankannya.

 

 

CATUR, dimana dalam permainan catur ini, komputer dapat mengatur dengan sendirinya harus kemana pion-pionnya bergerak.

 

 

ROBOT BIG DOG, dimana robot ini dapat mengatur dirinya untuk menjaga keseimbangan saat dikenai gaya dorong dari luar.

 

Demikian sekilas mengenai sistem cerdas. Terima kasih.



Read More | Respon : 37 komentar

37 Komentar

RONNY PRASTYA ADITAMA

pada : 15 March 2012


"terima ksih infonya...
pada tulisan di atas menyebutkan klo nantinya kita bsa menikah dengan robot..
apakah nantinya dunia ini akan dikuasai robot??"


ary andini

pada : 15 March 2012


"menurut anda, diantara beberapa bahasa pemrogaman yang paling tepat sebagai acuan untuk membuat AI dibidang medis itu apa ya?

thanks"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 15 March 2012


"terima kasih atas commentnya..
menanggapi pertanyaan dari kak Ronny..

menurut saya robot mungkin bisa menguasai dunia tapi tetap manusia yang menguasai robot..karena manusia yang membuat robot dengan berbagai kekurangannya, dan manusia juga yang memegang kontrol terhadap robot itu..selain itu, tidak mungkin manusia membuat robot untuk memperbudak manusia itu sendiri kan..??
meskipun nantinya diprediksi bahwa manusia bisa menikah dengan robot, tetap kontrol robot itu berada di bawah tangan manusia. Sehebat apa pun robot, namun masih lebih hebat manusia yang bisa membuat robot itu, dan yang terhebat hanya Sang Pencipta

Hanya itu yang dapat saya sampaikan,,jika ingin ditambahkan silahkan..
"


ary andini

pada : 15 March 2012


"menurut kamu, bahasa pemrogaman yang tepat untuk aplikasi AI di bidang medis itu apa?"


RONNY PRASTYA ADITAMA

pada : 15 March 2012


"terima kasih untuk tanggapan di atas

terkadang manusia akan melakukan kesalahan ato sering dsbut human error dalam karyanya,,bsa saja suatu saat nanti teknologi tersebut akan membawa dampak negatif kepada manusia itu sendir..

kalau masalh nikah sama robot..hanya manusia berotak IC yang punya pikiran seperti itu dan manusia yang tergila gila dengan robot..

klo ane sih masih normal..heheheh
masih pengen punya keturunan"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 15 March 2012


"menanggapi pertanyaan mbak Ary...

Ehmm..sebelumnya saya minta maaf tidak sebegitu faham dengan bahasa pemrograman..karena tidak sebidang minat dengan saya mungkin yaa..jadi agak kurang faham..
tapi menurut literatur menyebutkan bahwa "Bahasa yang umum digunakan adalah bahasa pemrograman LISP dan Prolog yang banyak digunakan untuk proses pengembangan AI"
ini saya dapat dari http://dspace.widyatama.ac.id/bitstream/handle/10364/938/bab2.pdf?sequence=4

karena bahasa pemrograman ini lebih modern daripada bahasa pemrograman konvensional yang selama ini kita tahu spt delphi, matlab, mungkin.

Sekiranya itu yang saya bisa jawab dulu..terima kasih.."


Rudi Dwiyoko

pada : 15 March 2012


"Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat dan dapat semakin mempermudah kehidupan manusia tentu saja berdampak positif bagi manusia,tapi berhati-hatilah karena dibalik itu pasti akan ada dampak negatif yang lebih besar. Manusia akan terbiasa dalam zona nyaman dengan kemudahan2 yg bisa diperoleh dengan adanya sistem tersebut dan sudah dapat dipastikan itu akan berdampak negatif serta merembet ke seluruh aspek2 kehidupan manusia,misalnya saja keahlian yang dimiliki manusia yang ada di muka bumi ini akan hilang satu per satu."


Rudi Dwiyoko

pada : 15 March 2012


"Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat dan dapat semakin mempermudah kehidupan manusia tentu saja berdampak positif bagi manusia,tapi berhati-hatilah karena dibalik itu pasti akan ada dampak negatif yang lebih besar. Manusia akan terbiasa dalam zona nyaman dengan kemudahan2 yg bisa diperoleh dengan adanya sistem tersebut dan sudah dapat dipastikan itu akan berdampak negatif serta merembet ke seluruh aspek2 kehidupan manusia,misalnya saja keahlian yang dimiliki manusia yang ada di muka bumi ini akan hilang satu per satu."


Pakdhe

pada : 15 March 2012


"Sebenarnya bahasa pemrograman apapun bisa diaplikasikan ke hardware dan didesain untuk bidang apapun, yang penting dalam AI itu algoritma dan metode yang diterapkan dalam AI tersebut, misalkan dalam permainan catur yang sederhana bisa pakai algoritma minimax dll
CMIIW ^^v"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 15 March 2012


"menanggapi komentar dari Kak Ronny..

mengenai human error..yaaa pasti masih bisa diperbaiki..secara pemikiran logika ya..misalnya yang orang A membuat kesalahan dalam pembuatan robotnya hingga dia sendiri tidak dapat mengontrolnya, namun kan masih ada orang lain yang punya pemikiran berbeda, ide lain, dari situ diperlukan sharing untuk memecahkan masalah itu tadi,,pasti bisa diatasi,,karena manusia yang membuat robot, jadi kita yang tahu pasti dimana seluk beluk kelemahan robot yang kita buat tadi..

bagaimana??"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 15 March 2012


"Terima kasih Rudi..

saya setuju dengan pendapat anda,,mungkin kemajuan teknologi seperti robot akan memudahkan pekerjaan manusia, namun sebenarnya akan berdampak negatif jika tidak dikontrol..misalnya saja manusia jadi pemalas karena semua telah dilakukan oleh robot, selanjutnya akan hilang keahlian seperti yang anda sebutkan..
Oleh karena itu,,manusia harus tetap bisa mengontrol teknologi ini."


LATIFAH LISTYALINA

pada : 15 March 2012


"yuni, apakah mungkin sebuah pemrograman konvensional diubah ke dalam sistem cerdas? terima kasih ^^"


Eka S Darmawan

pada : 16 March 2012


"Sebenarnya sistem cerdas merupakan perangkat lunak buatan atau program computer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematis, dan analisa. Sistem cerdas merupakan subset dari Artificial Intelegence (AI) dimana AI memberikan gambaran yang mendekati nyata / realitas..mungkin benar ada kelebihan dan kekurangannya..namun selama ini sistem cerdas merupakan ide atau sebuah karya yang mampu memberikan kontribusi yang kuat dalam teknologi masa mendatang..dan manusia harus tetap bisa mngontrol teknologi / karya ini..bukan sebaliknya.."


Eka S Darmawan

pada : 16 March 2012


"untuk kelemahan atau kekurangan dari sistem cerdas bukanlah sama sekali tidak bisa diatasi, tetapi dengan terus melakukan perbaikan, pengolahan dan pengembangan berdasarkan pengalaman maka hal itu diyakini akan dapat diatasi, walaupun dalam waktu yang panjang dan terus menerus..karena sejalan dengan waktu tak heran sistem cerdas hampir mampu memiliki kemampuan layaknya manusia.."


Nita Zelfia DLM

pada : 16 March 2012


"Anda kan dari bidang minat biomaterial. Apakah sistem cerdas ini dapat di aplikasikan untuk membantu kerja bidang minat anda? Tolong berikan contohnya."


rendy

pada : 16 March 2012


"suatu sistem memang mungkin akan menjadi lebih baik dari tahun ketahun ,, tetapi kesalahan itu pasti .. sisstem tersebut lebih tepatnya harus bisa membantu kinerja manusia .. menurut saya sistem tercedas ada pada otak masing masing manusia :D"


Ahmad Murtaqi Jauhari

pada : 16 March 2012


"Apakah sistem cerdas juga berpengaruh pada sistem motorik dan sensorik kita??

Dan bagaimana penyelesaiannya, apabila kita mendapati diri kita terganggu pada sistem cerdas itu sendiri, dalam hal ini tentu saja menurut pandangan ilmu anda?

Terima Kasih.
I'm waiting for answer."


Erlinda Metta Dewi

pada : 16 March 2012


"hmm.. sebenernya Artificial Intelligence itu linear programming atau non linear programming?"


Erlinda Metta Dewi

pada : 16 March 2012


"hmm.. sebenernya Artificial Intelligence itu linear programming atau non linear programming?"


Gunawan Boxer Shojiro

pada : 16 March 2012


"menurut saya robot adalah perwujudan dari manusia pembuatnya itu sendiri....."otak" dalam robot adalah berisi tentang otak(baca:pemikiran) sang pembuat....... jika pembuat berpikir A,B,C,D,E maka robot hanya bisa berbuat sebatas A,B,C,D,E....kalaupun ada kemampuan analisa terhadap sesuatu hanya sebatas analisa matematis saja
Satu hal yang membedakan dgn manusia adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap segala bentuk lingkungan yang disebut adaptasi....so, jk robot tidak/belum bisa beradaptasi ya tetep aja benda mati yang tidak dapat disejajarkan dengan yang namanya manusia"


Tadaki

pada : 16 March 2012


"menarik sekali, baru kali ini aku lihat robot anjing yang dapat bergerak lincah dan dapat mengatur keseimbangan sendiri. Untuk robot orang yang mempresentasikan sesuatu itu dapat lebih baik lagi, soalnya ada robot yang bisa nari, gerak cepat dan menyanyi bebarengan, covernya juga bentuk manusia utuh.
Perkembangan teknolog emang sangat cepat di era ini. Teknologi itu, tetap harus diberi kontrol yang kuat bagi manusia. Bila robot cerdas yang bisa berpikir seperti manusia tercipta, jangan sampai terbalik, kita yang dikontrol robot. Seperti film matrix itu contoh visionnya. Thanks wawasannya."


Eka Aditya W

pada : 17 March 2012


"Jadi ingat film Terminator... :p"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih atas komentar mas Eka..

Begitulah perkembangan teknologi saat ini, namun diharapkan itu semua masih di bawah kontrol manusia agar tidak berdampak negatif bagi manusia itu sendiri.."


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih Mas Rendy..

manusia memang memiliki sistem yang lebih cerdas dari mesin atau robot, namun sistem tercerdas tetap dimiliki oleh Allah S.W.T"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih Mas Gunawan..

mengenai adaptasi dari robot..menurut saya, itu hal yang mungkin saja terjadi suatu saat nanti, dimana robot itu di program agar bisa beradaptasi,,karena teknologi berkembang sangat cepat..jadi semuanya mungkin saja terjadi.."


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih Tadaki..

Saya juga berharap jangan sampai nantinya robot yang mengontrol manusia. Saya setuju dengan anda, bahwa kontrol manusia terhadap robot harus sangat kuat.."


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih Mas Eka Aditya..

Film terminator memang memberi pelajaran bagi kita mengenai perkembangan robot..sangat menginspirasi"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih atas komentar dari Latifah..

Mengenai pengubahan pemrograman konvensional ke sistem cerdas

Pemrograman konvensional kan hanya dapat membaca 'ya' atau 'tidak', tapi sistem cerdas kan bisa membaca daerah abu-abu antara 'ya' dan 'tidak'..

Jadi, mungkin yang diubah itu logika yang digunakan di pemrograman konvensional dijadikan logika dalam sistem cerdas agar hasil outputnya lebih bagus, seperti robot yang saya cantumkan pada artikel saya diatas.

Sekiranya begitu,,mungkin bila ingin ditambahkan silahkan..
"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"terima kasih atas bantuan jawabannya Pakdhe
:p"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Menanggapi pertanyaan dari Ahmad Murtaqi..

Sistem cerdas saat ini yang saya tahu masih diaplikasikan pada robot..untuk digunakan langsung pada manusia sendiri itu saya belum tahu. Jadi, selama sistem ini tidak digunakan dalam tubuh, maka tidak akan berpengaruh pada sistem sensorik dan motorik tubuh kita. Namun, pengaplikasian sistem cerdas sendiri bisa saja mengalami perkembangan hingga diaplikasikan pada manusia sendiri. Jikalau itu terjadi, pasti para peneliti sudah mengantisipasi untuk beberapa resiko yang akan terjadi seperti yang anda tanyakan.

Terima kasih atas pertanyaannya..Mohon maaf jika ada kekurangan..masih dalam proses belajar..
"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima Kasih atas pertanyaan dari Nita..

Mengenai di bidang biomaterial sendiri. Bidang minat biomaterial yang saya minati saat ini berfokus pada implan pada manusia. Jadi, untuk saat ini saya hanya sedikit tahu pengaplikasiannya bisa pada pemodelan fisiologis. Mungkin untuk saat ini, saya tidak bisa memberi banyak keterangan mengenai hal tersebut karena saya masih belum mendapatkan materi tersebut. Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan dahulu.
"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 17 March 2012


"Terima kasih atas pertanyaannya...Erlinda..

Linear Programming itu berarti berurutan, sedangkan non linear programming itu berarti tidak berurutan, bisa tergantung oleh berbagai faktor yang ada. Misalnya, pada pembuatan kursi, kita bisa membuatnya secara tidak berurutan, bisa memulai dari buat kaki kursi dulu, atau sandaran kursi dulu, seperti begitu. Sedangkan dalam Artificial Intellegence berarti kecerdasan, bagaimana cara kerja otak itu hingga mencapai kecerdasan. Jadi, dalam menjelaskan kecerdasan itu harus berurutan, bagaimana jalannya impuls, bagaimana cara kerja otak itu. Sehingga, Artificiall Intellegence itu termasuk Linear Programming.
"


abdin

pada : 17 March 2012


"tantangan terbesar fuzzy logic: implementasi ke dalam program(PC based OR Embedded Based) saran saya kalo pakai Emmbedded pakai microcontroller 32bit STM32(ARM) microcontroller 8 bit(AVR) sangat tidak disarankan, kurang cepat. kalo mau yang ada DSP-nya coba pakai dSPIC dgn comlier mikroc pro dSPIC(sy ad cracknya).keuntungan Embedded :portable,low cost,standalone dll, semoga membantu"


Eka S Darmawan

pada : 18 March 2012


"setuju..urutan program lah yang menentukan bagaimana AI itu bekerja secara cerdas dan teratur..namun jika terjadi error / kesalahan dalam salah satu perintah program maka akan mempengaruhi analisa/matematis dan mengakibatkan kurangnya hasil yang mendekati realitas..

dan untuk sekedar menambahkan..sistem cerdas juga sudah diaplikasikan pada manusia..contohnya..lengan android (lengan buatan) yang bekerja berdasarkan sistem saraf dan pikiran manusia yang menggunakannya.. ini link yang mungkin bisa membantu.. http://www.youtube.com/watch?v=v6Up3dGtFSE&feature=relmfu atau search di youtube dengan kata kunci "Lengan Buatan Pertama yang Dikontrol Pikiran " mungkin itu yang bisa saya tambahkan..Mohon maaf jika ada kekurangan "


Zahrina Mardina

pada : 18 March 2012


"terima kasih. kemajuan teknologi memang sangat luar biasa ya. antara takjub dan ngeri. menambahi jawaban pertanyaan untuk nita zelfia diatas. saya juga dari bidang minat biomaterial. banyak yang menilai bahwa biomaterial dan instrumentasi medis adalah dua bidang yang sama sekali berbeda dan tak ada titik temu. tapi menurut saya pribadi, sebenarnya keduanya adalah dua bidang yang harusnya saling melengkapi. contohnya. Di amerika saat ini sedang heboh2nya kabar karena berhasilnya pembangkitan sel otot jantung yang sudah mati, bisa dijadikan hidup lagi. atau implan jantung buatan yang sedang heboh di jerman. para ilmuwan biomaterial adalah designer yang mendesign detail yang tepat, dan 'mungkin', sepertinya memang begitu, sistem cerdas ini dapat digunakan untuk mengatur pembangkitan detak jantung yang ada. sehingga dari sebuah jantung buatan, ketika dicek dengan ECG, tetap bisa terbaca AVR, AVF, AVL dan lain2 karena pulsa2 yang distimulus oleh sel otot jantung itu telah 'diatur' dengan sendirinya. entahlah. bagaimana pendapat anda? :)"


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 19 March 2012


"Terima kasih atas jawaban dari Abdin..sangat membantu dalam pembelajaran saya.."


Yuni Widayanti Pribadi

pada : 19 March 2012


"Terima kasih atas jawaban dari mas Eka dan Zahrina..sangat bermanfaat..
mengenai pengaplikasian tersebut merupakan hal yang baru saya ketahui, mungkin dapat saya jadikan referensi untuk pembelajaran saya selanjutnya.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

^^My-Facebook

Time

Calendar

    Cuteki ecards

SHARE

Pengunjung

    34.193